Blog ini menulis tentang Kisah Nabi Muhammad SAW, Kisah Khalifah dan Kisah Islami

Sabtu, 05 Agustus 2017

Isra Mi'raj 1



ISRA MI'RAJ 1



Isra Mi'raj adalah perjalanan nabi muhammad menuju langit pada suatu malam yang di firmankan oleh Alloh SWT di surat quran, QS. Al Israa ayat 17. Isra secara bahasa berasal dari kata "saro" yang bermakna perjalanan di malam hari. Adapun secara istilah, Isra adalah perjalanan rosululloh saw bersama jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina), berdasarkan firman Alloh SWT :

"Maha suci Alloh, yang telah menjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqso" (Al Isra' : ayat 1).

Mi'raj secara bahasa adalah suatu alat yang digunakan untuk naik. Adapun secara istilah Mi'raj adalah bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk naik dari bumi menuju ke atas langit, berdasarkan firman Alloh SWT di surat quran : An Najm, ayat 1-18 :

Peristiwa Isra Mi'raj tidak hanya membawa Nabi Muhammad SAW dari masjidil Haram ke masjidil Aqso dan bertemu dengan roh para nabi terdahulu. Setelah beliau selesai di masjidil Aqso, Alloh SWT mengangkat nabi Muhammad SAW ke langit untuk perintah-Nya, dan juga meyaksikan kebesaran Alloh SWT yang lain. Diturunkanlah tangga langit yang disebut Al Mirqat agar rosululloh dapat menapaki dari langit ke langit. Rosululloh SAW merasakan kegembiraan yang begitu besar dalam hatinya. Beliau bersyukur atas rahmat yang diberikan oleh Alloh SWT yang diberikannya. Begitu sampai di langit yang pertama, rosululloh SAW bertemu dengan nabi Adam AS. Di sisi kiri dan kanan, nabi Adam AS berderet para roh anak cucunya yang demikian banyak. Yang berdiri di sisi kanannya adalah mereka yang akan menjadi ahli surga (Jannah), sementara di sisi kirinya adalah mereka yang yang akan menjadi para ahli neraka (An-nar).

Menaiki langit yang kedua, rosululloh SAW bertemu dengan nabi Isa AS dan nabi Yahya AS. Mereka tersenyum menyambut nabi muhammad saw dan mendoakan segala kebaikan bagi beliau, rosululloh SAW.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kisah Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar:

.f-nav{ z-index: 9999; position: fixed; left: 0; top: 0; width: 100%; padding:0 20px;} /* ini yang membuat menu menjadi melayang (fixed) */ .nav { background: rgba(26, 37, 82, 0.24); margin:0 0 20px 0; } .nav li { list-style-type:none; float:left; display:inline-block; padding:10px; }